Home » , , , , , , , » Install Codec Multimedia di Ubuntu

Install Codec Multimedia di Ubuntu

Unknown | 15.45 | 0 komentar
Tidak serta merta ketika menginstall ubuntu, maka kita sudah bisa untuk menjalankan apa saja yang kita kehendaki, misalkan kita hendak menjalankan file-file multimedia, seperti memutar mp3, atau movie. Hal ini di karenakan masih terdapat codec atau plugins yang berlum terinstall. Untuk itu silahkan simak tulisan di bawah ini :

sebelumnya anda dapat menginstall aplikasi pemutar multimedia seperti VLC dengan cara ketikkan di terminal :


apt-get install vlc 
atau bisa juga melalui ubuntu software center. nah setelah menginstall aplikasinya sebaiknya kita menginstall paket-paket lainnya, paket-paket ini digunakan untuk mendukung kinerja dari aplikasi multimedia ini. buka terminal lalu ketikkan :

sudo apt-get install libxine1-ffmpeg gxine mencoder mpeg2dec vorbis-tools id3v2 mpg321 mpg123 libflac++6 ffmpeg libmp4v2-0 totem-mozilla icedax tagtool easytag id3tool lame nautilus-script-audio-convert libmad0 libjpeg-progs libquicktime1 flac faac faad sox ffmpeg2theora libmpeg2-4 uudeview flac libmpeg3-1 mpeg3-utils mpegdemux liba52-0.7.4-dev

Dalam setiap installasi ubuntu, jangan pernah lupa untuk menginstall Gstreamer, yaitu sebuah framework yang digunakan untuk aplikasi streaming media dengan cara:

sudo apt-get install gstreamer0.10-ffmpeg gstreamer0.10-fluendo-mp3 gstreamer0.10-gnonlin gstreamer0.10-pitfdll gstreamer0.10-sdl gstreamer0.10-plugins-bad-multiverse gstreamer0.10-schroedinger gstreamer0.10-plugins-ugly-multiverse totem-gstreamer

Kalau perlu install juga pengaya codec multimedia :

sudo apt-get install gstreamer-dbus-media-service gstreamer-tools ubuntu-restricted-extras


terima kasih :)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Maniac Buntu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger